Our Blog Details

Tengkleng Gajah versus Tengkleng Kambing

Image Author : KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI

- Saat mendengar tentang Warung Tengkleng Gajah, apa yang ada di benak Anda? Pertama kali mendengar, orang akan bertanya-tanya apakah warung yang dimaksud menyajikan masakan tengkleng berbahan daging gajah?

Anda akan mendapat jawaban dari rasa penasaran itu saat mengunjungi warung makan yang terletak di wilayah Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman ini. Anda tidak akan menemui panganan berbahan baku daging gajah sama sekali, karena warung ini menyajikan makanan berbahan baku daging kambing.

Tengkleng adalah sejenis masakan sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing yang hampir mirip dengan masakan gulai kambing, hanya saja dengan kuah yang lebih encer.

“Warung kami lebih dikenal dengan nama Tengkleng Gajah karena porsi tengkleng yang kami sajikan cukup besar, sehingga diibaratkan sebagai tengkleng dengan porsi gajah,” ujar Ari, pengelola dari warung yang awalnya bernama Warung Sate Kambing Sari Roso Mulyo.

Sejak buka pada tahun 2006, warung ini memang hanya menyajikan makanan dari daging kambing, seiring waktu dengan banyaknya konsumen yang datang dan mempromosikan dari mulut ke mulut membuat namanya cukup terkenal hingga ke telinga wisatawan dari luar kota Yogyakarta.

Saat memasuki warung ini, Anda akan langsung dihadapkan pada suasana dapur terbuka sehingga konsumen bisa melihat proses memasak tengkleng. Tempat yang memiliki konsep terbuka dengan barisan meja panjang juga memungkinkan warung ini menampung banyak pengunjung.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Warung Tengkleng Gajah yang berlokasi di tengah area pemukiman warga daerah Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta.

Editor : I Made Asdhiana
Source Berita : Kompas.com